West Lake Situs Dunia

drabudik
0

 


Silaturrakhim ke Negeri Panda 9


Hari ini kami berencana untuk pergi ke Hangzhou, sekitar 87 km dari Jiaxing. Kota ini merupakan tempat kerja kakak sebelum pindah ke Jiaxing. Kotanya lebih besar dan tahun lalu digunakan untuk Asian Games 2022, dan pernah pula menjadi tuan rumah KTT G20 pada 2016.


Kali ini kami akan ke destinasi wisata yang sudah tidak asing lagi bagi traveler. West Lake atau Pinyin, sebuah danau alami yang romantis. West Lake merupakan salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO, yang berada di sebelah barat kota dan menjadi destinasi wisata yang cukup favorit dan viral.




Kami berangkat ber enam, melewati jalan tol yang tidak begitu ramai. Perjalanan nyaman, saat melewati gerbang tol, hanya melambat saja, karena memakai detektor dan otomatis billing. Perjalanan memakan waktu 1 jam 13 menit.


Memasuki kota Hangzhou kendaraan mulai padat lancar. Dan ketika mendekati lokasi, lebih terasa semakin terhambat. Saat mencari parkir, memang agak kesulitan karena ramainya pengunjung.




Hangzhou merupakan ibu kota dan kota terpadat di provinsi Zhejiang yang terletak di bagian barat laut, di kawasan Teluk Hangzhou. Kota yang menyimpan sejarah panjang ini merupakan salah satu kota paling terkenal dan makmur di China sejak beberapa tahun terakhir. 


Di era digital saat ini, Hangzhou termasuk kota yang pertumbuhan ekonomi meroket yang patut disejajarkan kota besar lain. Predikat kota komersial telah diraihnya, karena memang Alibaba serta pemiliknya lahir dan berada disini.


Ternyata kota yang terus berkembang ini juga menyimpan sejarah yang cukup panjang dan lengkap. Selain kekuatan ekonomi dan pariwisata, kota komersial ini juga dikenal sebagai kota pendidikan, antara lain dengan keberadaan Universitas Zhejiang di kota itu. Sehingga perkuliahan disana semakin diminati, dengan dikenalnya industri internet juga berada disana.


Sejak dinasti Qing sekitar 1840, Hangzhou sudah menyimpan bangunan masjid kuno. Dengan jamaah kurang dari 50 keluarga suku Hui, mereka istiqomah dalam melaksanakan ibadah. Dua masjid yang terkenal sampai saat ini adalah Masjid Hangzhou. Dan Masjid Fenghuang salah satu masjid tertua disana, yang dibangun pada masa dinasti Yuan sekitar 700 yang lalu. Namun karena sesuatu hal, kami tidak bisa mengunjungi masjid itu, saat kami ke Hangzhou.




Memasuki area West Lake mulai terasa kepadatan pengunjung danau alami ini. Di sekitar taman bunga yang kami lewati, kami menjumpai beberapa kelompok orang atau komunitas yang sedang berkumpul. Diantaranya lansia yang sedang duduk dan ada pula yang membagikan makanan, dan ada juga yang memperagakan senam. Mereka tampak enjoy dan bahagia bersama kelompoknya.


Tidak jauh dari lokasi itu, sudah terlihat danau yang cukup luas dengan kerumunan wisatawan disana sini, cukup padat. Kami memilih ke arah kanan, dan tidak jauh dari situ terlihat hamparan luas bunga teratai yang mengambang diatas air danau. Teratai pink yang sedang mekar menambah keindahan danau yang bersejarah itu.




Tersedia pula wisata air dengan menaiki perahu hias yang menjadikan wisata ini lebih diminati pengunjung. Lebih dari 90% dari wisatawan lokal, padahal saat itu hari Senin 7 Agustus 2023. Memang masih liburan sekolah, sehingga banyak juga mereka yang sebaya. Namun tidak sedikit pula yang bersama keluarga menikmati liburan musim panas.


Setelah puas berjalan menyisir tepi danau menikmati pemandangan yang selalu menjadi inspirasi para penyair dan pelukis, kami pun istirahat sejenak. Tidak ketinggalan foto dengan segala background dan aneka gaya juga dilakukan oleh setiap wisatawan.




Danau wisata itu juga berdekatan dengan pertokoan, kami juga sempat melihat sekilas ke kompleks perniagaan itu. Setelah kami rasakan cukup, segera ke titik kumpul di tepian danau untuk persiapan pulang.




Namun sebelum pulang, kami bersantap siang di resto halal yang menyajikan makanan halal nan lezat. Lokasinya di komplek pertokoan yang berdekatan dengan resto lain juga. Pengunjung resto dua lantai dan luas itu cukup banyak, begitu pula pesanan go food nya. Menu masakan suku Hui memang lezat dan beraneka ragam.


Ber Sam bung . . . 10


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

Baca juga www.suaramedika.com

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !