Gerhana Matahari Akhir Ramadhan

drabudik
0

 

Matahari

Besok Kamis 20 April 2023, insyaAllah akan terjadi gerhana matahari.


Gema kabar akan terjadinya gerhana matahari total, bahkan cincin, sudah terdengar dari beberapa waktu yang lalu. Sering kita terima postingan baik di WaG atau di Japri, di seluruh jaringan MedSos hadir di HP kita hampir di setiap saat. 


Gerhana matahari total kali ini memang datangnya sangat istimewa, karena hadir di penghujung Ramadhan 1444H. Atau gerhana matahari total ini 'sengaja' menyambut dan berbarengan gema takbir di Hari Raya Idul Fitri 1444H.


Gerhana matahari terjadi ketika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi sehingga Bulan menutupi sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Gerhana matahari hanya terjadi pada saat fase Bulan baru, ketika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi, dan dalam posisi yang tepat sehingga ukuran Bulan tampak sebanding dengan Matahari dari sudut pandang Bumi.


Gerhana matahari dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari cincin dan gerhana matahari sebagian.


1. Gerhana matahari total terjadi ketika Bulan sepenuhnya menutupi cahaya Matahari.


2. Gerhana matahari cincin terjadi ketika Bulan berada terlalu jauh dari Bumi untuk menutupi seluruh Matahari, sehingga terlihat cincin cahaya Matahari yang keluar dari tepi Bulan dan hanya terlihat cahaya korona matahari di sekitarnya.


3. Gerhana matahari sebagian terjadi ketika Bulan hanya menutupi sebagian kecil Matahari, sehingga tampak seperti sebuah "gigitan" di tepi Matahari.


Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang menakjubkan, tetapi perlu diingat bahwa melihat langsung gerhana matahari tanpa perlindungan mata yang tepat dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata. Oleh karena itu, pastikan selalu menggunakan kacamata khusus atau peralatan pengamatan yang tepat jika ingin menyaksikan gerhana matahari secara langsung.


Gerhana matahari tidak terjadi setiap bulan, karena orbit Bulan dan orbit Bumi mengalami pergeseran dan kemiringan, sehingga sulit untuk memprediksi kapan dan dimana gerhana matahari akan terjadi. Namun, para ahli astronomi dapat memperkirakan waktu dan tempat gerhana matahari berdasarkan perhitungan orbit Bulan dan Bumi. Rata-rata, gerhana matahari terjadi setidaknya dua kali dalam setahun dan dapat terjadi di berbagai tempat di seluruh dunia.


Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang menakjubkan, dan semua 'penataan' di alam ini telah diatur Allah SwT, berdoa akan lebih menjadi orang yang bertaqwa.


Dan perlu diingat bahwa melihat langsung gerhana matahari tanpa perlindungan mata yang tepat dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menggunakan kacamata khusus atau peralatan pengamatan yang tepat jika ingin menyaksikan gerhana matahari secara langsung.



Semoga kita selalu sehat. (Abk)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !