Peran Putri Gen Z Meningkat

drabudik
0

 

Putri gen z

Hari ini 8 Maret, dunia memperingati Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day. UN Women, salah satu entitas PBB untuk Kesetaraan Jender dan Pemberdayaan Perempuan, Hari Perempuan Internasional 2023 mengangkat tema “DigitALL: Innovation and Technology for Gender Equality”.


Tema ini melatarbelakangi kesenjangan gender yang masih terjadi kepada perempuan terhadap akses teknologi. Hal ini karena dinilai representasi para perempuan dipandang kurang dalam pendidikan di bidang Science, Technology, Engineering dan Math. Walau sebenarnya sudah mulai banyak perempuan yang berperan di bidang itu, bahkan pada level pengendali.


Selain kesenjangan gender pada pendidikan dan karier teknologi, dunia digital juga kurang memberikan keleluasaan akibat ancaman kekerasan online berbasis gender. Selain itu, ditambah dengan kurangnya bantuan hukum untuk kasus-kasus kekerasan daring.  


Hari Peringatan Perempuan Internasional atau International Women's Day memiliki beberapa makna dan tujuan yang penting. Berikut adalah beberapa di antaranya:


Peringatan hari ini bertujuan untuk menyemangati perjuangan perempuan di masa lalu dalam memperjuangkan hak asasi manusia, kesetaraan gender, dan keadilan sosial. Peringatan ini juga memperingati perempuan-perempuan hebat yang telah memberikan kontribusi besar bagi masyarakat dan dunia.


Selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu yang dihadapi oleh perempuan di seluruh dunia, seperti kekerasan, diskriminasi, dan ketidakadilan sosial-ekonomi.


Harapan kaum ibu ini juga bertujuan untuk mendorong tindakan konkret dari pemerintah, masyarakat, dan individu untuk mencapai kesetaraan gender dan mengakhiri segala bentuk diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan.


Dengan adanya Hari Perempuan Internasional adalah kesempatan bagi perempuan dari berbagai latar belakang untuk bersatu dan bersuara sebagai satu kesatuan dalam memperjuangkan hak-hak mereka. Ini memungkinkan perempuan untuk saling mendukung dan memperkuat perjuangan mereka.


Sebagai warga masyarakat, peringatan ini juga bertujuan untuk menghargai dan merayakan prestasi dan kontribusi perempuan di berbagai bidang seperti politik, sosial, budaya, dan ekonomi.


Dengan demikian, Hari Perempuan Internasional merupakan momen penting untuk memperjuangkan kesetaraan gender, menghargai perempuan, dan menyatukan perjuangan perempuan di seluruh dunia.


Perjuangan kesetaraan gender merupakan salah satu fokus utama momen Hari Peringatan Perempuan Internasional. Tujuan utama dari perjuangan kesetaraan gender adalah untuk memastikan bahwa perempuan dan laki-laki memiliki hak yang sama dan kesempatan yang sama di seluruh bidang, termasuk di bidang politik, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya.


Pada momen Hari Peringatan Perempuan Internasional, perjuangan kesetaraan gender diwujudkan melalui berbagai cara, seperti:


Kampanye kesadaran dilakukan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah kesetaraan gender dan bagaimana isu ini mempengaruhi perempuan di seluruh dunia. Kampanye ini bertujuan untuk membantu orang memahami mengapa kesetaraan gender penting dan apa yang dapat mereka lakukan untuk memperjuangkan hal tersebut.


Aksi protes dapat dilakukan dalam bentuk demonstrasi damai dan lain sebagainya, untuk menuntut tindakan konkret dari pemerintah atau masyarakat dalam memperjuangkan kesetaraan gender dan mengakhiri diskriminasi terhadap perempuan.


Bisa juga melakukan diskusi panel dilakukan untuk membahas isu-isu terkait kesetaraan gender dan membuka ruang bagi para ahli dan aktivis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka.


Kegiatan seminar dan lokakarya diadakan untuk memberikan informasi dan keterampilan bagi perempuan dan laki-laki dalam memperjuangkan kesetaraan gender dan mengakhiri diskriminasi terhadap perempuan.


Penghargaan dan apresiasi diberikan kepada perempuan yang telah memberikan kontribusi besar dalam memperjuangkan kesetaraan gender dan menginspirasi perempuan lain untuk memperjuangkan hak mereka.


Dengan melakukan berbagai kegiatan di atas, momen Hari Peringatan Perempuan Internasional diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan mempercepat perjuangan kesetaraan gender di seluruh dunia. Dan berusaha untuk bisa mewujudkan tema IWD tahun 2023 ini.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !