Buah Pare Melenyapkan Ketombe

drabudik
0

 

Khasiat buah pare

Ternyata khasiat buah pare tidak hanya sebatas bidang kuliner saja. Banyak masyarakat yang memanfaatkan buah pare sebagai fungsi di bidang kosmetik. Terutama yang berkaitan dengan perawatan dan kesehatan kulit.


Dalam bidang kosmetik buah yang pahit ini dapat memberikan beberapa manfaat yang berkaitan dengan fungsi vital kulit.


Mengatasi Jerawat

Buah pare mengandung zat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan jerawat. Buah pare juga mengandung saponin yang dapat membantu membersihkan pori kulit yang tertutup dan tersumbat, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.


Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C dan flavonoid dalam buah pare dapat membantu mencerahkan kulit dengan menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Buah pare juga mengandung asam amino yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin, yang membantu menjaga kelembapan kulit dan kesegaran kulit.


Mengurangi Kerutan

Buah pare mengandung vitamin C dan E yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Kandungan saponin dalam buah pare juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit serta mencegah dan mengurangi kerutan.


Mengurangi Kebotakan

Kandungan flavonoid dan polifenol dalam buah pare dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Buah pare juga mengandung vitamin A dan C yang membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan folikel rambut.


Dalam bidang kosmetik, buah pare biasanya digunakan dalam bentuk ekstrak atau minyak esensial yang kemudian ditambahkan ke dalam produk-produk kosmetik seperti krim, serum, atau masker wajah.


Namun, perlu diingat bahwa efektivitas penggunaan buah pare dalam kosmetik masih perlu diteliti lebih lanjut, dan sebaiknya digunakan sesuai petunjuk dan rekomendasi dokter atau ahli kosmetik.


Beberapa upaya yang inovatif dalam mengoptimalkan manfaat buah pare adalah dengan cara menggunakan masker buah pare. Buah pare diparut dan aplikasikan pada kulit yang terkena jerawat. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air bersih.


Cara yang lain adalah membuat toner buah pare. Kita rebus buah pare dalam air selama 10-15 menit. Kemudian kita saring dan menggunakan air rebusan buah pare sebagai toner untuk mengobati jerawat.


Namun, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kulit sebelum menggunakan buah pare sebagai obat jerawat, terutama jika memiliki kulit yang sensitif atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.


Membersihkan kulit kepala

Kandungan saponin dalam buah pare dapat membantu membersihkan kulit kepala dari kotoran dan minyak berlebihan yang dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Dengan membersihkan kulit kepala, buah pare dapat membantu mencegah timbulnya ketombe baru.


Menghilangkan jamur penyebab ketombe

Buah pare mengandung senyawa antijamur yang dapat membantu membunuh jamur Malassezia, salah satu penyebab utama timbulnya ketombe pada kulit kepala. Dengan menghilangkan jamur penyebab ketombe, buah pare dapat membantu mencegah timbulnya ketombe baru.


Cara penggunaan buah pare untuk membasmi ketombe bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:


Menggunakan masker buah pare: Parut buah pare dan aplikasikan pada kulit kepala. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air bersih.

Membuat shampoo buah pare: Rebus buah pare dalam air selama 10-15 menit. Saring dan gunakan air rebusan sebagai shampoo untuk membersihkan kulit kepala dan membasmi ketombe.


Sekali lagi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kulit jika masalah ketombe tidak kunjung membaik meskipun sudah menggunakan buah pare secara rutin.



Semoga kita selalu sehat. (Abk)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !