Agrowisata Belimbing

drabudik
0

 

Belimbing

Disekitar bantaran bengawan Solo, hampir selalu kita konotasikan dengan kondisi yang kumuh serta sering dilanda bencana banjir. Hal ini memang benar, pada beberapa waktu yang lalu sebelum tahun 2008. Bahkan salah satu kabupaten di Solo valley, Bojonegoro mempunyai ‘atribut’ langganan banjir dihampir setiap tahun. Dan banjir terbesar terjadi diawal tahun itu, yang melumpuhkan segalanya, termasuk perekonomian. Banjir menggenangi tengah kota, karena jebolnya tanggul tepi barat kota Bojonegoro.

Sejak saat itulah, seluruh masyarakat seakan tergugah dari tidur panjangnya, semuanya bangkit, berbenah, ingin meraih mimpi Bojonegoro Matoh. Salah satu sektor yang bergerak adalah pariwisata, yang berlokasi di bantaran bengawan Solo.

Seluruh elemen masyarakat seakan menyulap daerah kumuh yang kurang terurus, menjadi destinasi yang dicari serta mempunyai nilai ekonomi yang memikat dan meningkat. Dan tentu saja bisa mendongkrak kehidupan perekonomian masyarakat sekitar, serta bisa menarik wisatawan baik dari wilayah Bojonegoro maupun kabupaten sekitar.

Belimbing memang bukan buah yang terlalu populer, namun wisata kebun blimbing bisa menjadi destinasi yang cukup viral, yang membuat penasaran baik kawula muda maupun lansia. Di daerah itu banyak warga yang menanam Belimbing Madu, salah satu jenis unggulan yang buahnya cukup besar dan manis rasanya seperti bercampur madu.

“Monggo bapak ibu, mas mbak serta adik adik, mengunjungi kios kami di kebun Blimbing desa Ngringin Rejo, kecamatan Kalitidu, Bojonegoro. Bisa memetik sendiri dari pohon kami”, demikian sapa mbak Ika salah satu pemilik kios dan kebun Blimbing di kawasan Agrowisata Kebun Blimbing Bojonegoro.

Buah belimbing mengandung beberapa vitamin dan mineral yang bisa membantu perawatan kulit sebagai bekal merawat kecantikan serta membantu meningkatkan imun. Apalagi dalam situasi pandemi ini, akan lebih sehat mengkonsumsi belimbing madu. Untuk para penyandang tekanan darah tinggi, belimbing bisa membantu menurunkan tekanan darah serta proteksi jantung dan pembuluh darah. Itu adalah beberapa khasiat belimbing madu, apalagi kalau disajikan dalam bentuk jus, sangat segar.

Berwisata dalam masa pandemi ini sudah diperbolehkan, namun dengan tetap menjaga ProKes dasar 3M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak. Selamat berwisata namun tetap menghindari kerumunan.

Pandemi sudah berakhir. Kita bisa berwisata kemana pun. Walau masyarakat sudah terlihat bebas, namun kita sebaiknya tetap waspada. Pekan ini Kemenkes memberikan warning terhadap Avian Flu. Beberapa negara sudah terlanda.

Semoga kita selalu sehat. (abk)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !